Cari Blog Ini

Kamis, 02 Mei 2024

Refleksi Pembelajaran

Foto by Samuel H.T Adang

Late Post - Jumat, 15 Desember 2023 bertempat di Pelangi Garden Noelbaki. Dalam suasana yang hangat dan santai guru dan siswa melakukan refleksi pembelajaran semester ganjil Tahun Pelajaran 2023/2024 secara bersama.

Refleksi pembelajaran merupakan sebuah upaya untuk melakukan refleksi secara bersama untuk membangun proses berpikir untuk dapat terbuka terhadap semua proses yang sudah terjadi serta harapan untuk memperbaikinya. Dengan refleksi guru dan siswa dapat menilai mengenai “bagaimana’ dan “mengapa” sebuah pembelajaran bisa berlangsung serta mengerti atas apa yang harus dilakukan setelah pembelajaran selesai dalam semester ini, dengan demikian refleksi pembelajaran dapat digunakan untuk mengekspresikan kesan konstruktif, pesan, harapan, dan kritik terhadap pembelajaran yang telah diterima peserta didik kepada guru.

Pada dasarnya refleksi pembelajaran mempunyai tujuan yang esensial yaitu untuk menilai bagaimana respon siswa dalam pembelajaran, mengetahui minat siswa pada sebuah pembelajaran, guru dapat memahami apa saja kelemahan dan kekurangan dari sebuah pembelajaran yang telah dipresentasikan di kelas, guru dapat memahami akurasi sebuah model, pendekatan, strategi, taktik dan metode pembelajaran yang telah diimplementasikan, guru dapat memahami apa saja keperluan dan kemauan dari siswa secara detail. Ini berfungsi agar guru bisa membuat pembelajaran yang lebih efektif pada semester selanjutnya.

Dalam kegiatan tersebut Kepala Sekolah memaparkan kondisi satuan pendidikan berdasarkan data Rapor Pendidikan 2023, hasil evaluasi supervisi pembelajaran dan data lainnya yang terkait dengan pembelajaran semester ganjil Tahun Pelajaran 2023/2024. Berdasarkan pemaparan Kepala Sekolah terdapat 3 hal yang perlu menjadi prioritas pembenahan antara lain kemampuan Literasi, Numerasi dan Kualitas Pembelajaran. Hal ini juga diperkuat hasil evaluasi supervisi pembelajaran dimana guru belum memaksimalkan pembelajaran sesuai perencanaan dalam modul ajar, menggunakan model pembelajaran yang tepat, pembelajaran yang belum berpusat pada siswa serta belum optimal dalam melakukan refleksi pembelajaran di kelas. 

Setelah melakukan pemaparan kondisi satuan pendidikan, kemudian diberikan kesempatan kepada siswa dan guru untuk memberikan pendapat, usulan tentang apa yang ingin ditingkatkan dalam pembelajaran semester depan serta ide-ide dalam pencapaian pembelajaran yang optimal. 

Berdasarkan hasil refleksi, pendapat siswa dan guru maka terdapat beberapa hal yang diperoleh antara lain perlunya adanya sarana prasarana yang mendukung pembelajaran, model pembelajaran guru perlu ada inovasi, perlu adanya penggunaan media dalam pembelajaran sehingga dapat mengaktifkan siswa dalam belajar serta penguatan karakter dan keamanan sekolah sehingga sarana prasarana yang akan di pasang di kelas tidak hilang. Setelahmelakukan dengar pendapat dari siswa dan guru, kemudian kegiatan dilanjutkan dengan rapat nilai semester ganjil Tahun Pelajaran 2023/2024. 

Dokumentasi kegiatan Refleksi Pemelajaran dan Rapat Nilai di Pelangi Garden (Galeri)





0 komentar:

Posting Komentar