Cari Blog Ini

Kamis, 02 Mei 2024

Apa Pertimbangan Memilih Mata Pelajaran Pilihan?

Apa pertimbangan memilih mata pelajaran pilihan di kelas XI ? Dalam Kurikulum Merdeka, tidak lagi dikenal kelas Peminatan/Penjurusan seperti yang dikenal dalam kurikulum sebelumnya. Nah, kalau begitu bagaimana penentuan kelas di kelas XI atau Fase F? Jawabannya adalah dasar pemilihan mata pelajaran pilihan dalam Kurikulum Merdeka adalah berdasar minat, bakat, dan kemampuan peserta didik. Hal ini sangat penting bagi peserta didik untuk memahami minat dan bakatnya, serta menyadari kemampuan dalam bidang yang diminati.

Bagaimana pertimbangannya ? 

Ilustrasi : Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan

Berdasarkan ilustrasi di atas, peserta didik perlu memikirkan dan memastikan karirnya setelah menyelesaikan SMA. Dengan demikian akan lebih mudah untuk memikirkan program studi apa yang akan mendukung karirnya saat akan melanjutkan studi di Perguruan Tinggi. Pertanyaannya mengapa hal ini menjadi pertimbangan? Dalam Kepmendikbudrsitek No. 345/M/2002 tentang Mapel Pendukung seleksi prodi dan SNBP menjelaskan bahwa untuk dapat memilih program studi yang akan dipertimbangkan adalah mata pelajaran pendukung, misalnya peserta didik berminat untuk masuk ke program studi psikologi maka mata pelajaran pendukung utama yang perlu di pelajari di adalah mata pelajaran sosiologi.   

Untuk lebih detail tentang mata pelajaran pendukung program studi silakan unduh Kepmendikbudristek disini

Pertimbangan lainnya yang perlu diperhatikan oleh peserta didik adalah peserta didik yang memilih mata pelajaran pilihan sesuai dengan motivasi dirinya (minat, bakat, dan kemampuannya), tentu akan berbeda dengan peserta didik yang memilih karena alasan eksternal (hanya semata-mata karena ingin mengikuti teman, tuntutan orang tua, atau kesukaan/ketidaksukaan dengan guru mapel). Peserta didik yang betul-betul memilih mata pelajaran sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuan akan lebih mantap dalam merencanakan karier karena mereka secara utuh mengenal dirinya melalui eksplorasi karier yang mendalam. Jika demikian maka sebaiknya pertimbangkan dengan baik minat, bakat dan kemampuan saat memilih mata pelajaran pilihan. Siapkan beberapa opsi pilihan karir sehingga anda dapat fokus pada pemilihan mata pelajaran pilihan dalam menu mata pelajaran yang disediakan oleh sekolahmu, dan jangan lupa untuk berkomunikasi dengan orang tua/wali karena dukungan dari orang tua diharapkan dapat membantu proses pemilihan mata pelajaran pilihan dan rencana kariermu setelah selesai SMA. Lakukan komunikasi secara terbuka sebagai upaya untuk mendorong kepercayaan diri dalam mengungkapkan harapan-harapan sehingga anda dapat melakukan eksplorasi minat, bakat, dan kemampuan lebih baik bersama orang tua/wali.

Prinsip Pemilihan Mata Pelajaran

Dalam melakukan dasar pemilihan mata pelajaran, salah satu hal  yang sangat penting dilakukan adalah memperhatikan minat, bakat, dan kemampuan peserta didik. Satuan pendidikan dapat memfasilitasi peserta didik untuk melakukan eksplorasi minat, bakat, dan kemampuannya.

Minat adalah ketertarikan pada suatu objek. Minat merupakan sumber motivasi bagi individu untuk melakukan sesuatu. Dalam panduan ini, minat yang dimaksud adalah minat karier, yaitu minat peserta didik dalam merencanakan dan menentukan berbagai alternatif karier serta aktivitas yang dapat mendukung pilihan kariernya. Dalam Kurikulum Merdeka, peserta didik diberikan kesempatan untuk memilih mata pelajaran pilihan yang dapat mendukung rencana kariernya setelah SMA.

Bakat adalah kemampuan yang dimiliki individu yang ditampilkan secara produktif, cepat dikuasai, dan tampil lebih baik dibandingkan dengan orang lain. Bakat merupakan keadaan awal seseorang yang mempengaruhi perkembangan selanjutnya. Bakat yang ditampilkan peserta didik dapat berupa kemampuan akademik maupun nonakademik. Dalam memahami bakat, peserta didik perlu banyak melakukan eksplorasi dengan mencoba beragam aktivitas produktif, terutama yang berkaitan dengan minat kariernya. Peserta didik dapat mengeksplorasi bakat dasar dimulai dengan mencoba aktivitas yang disukai dan menjadi kompeten.

Kemampuan adalah kapasitas seseorang untuk melakukan beragam tugas dalam suatu kegiatan atau pekerjaan. Kemampuan dapat terbagi dalam berbagai jenis, seperti kemampuan intelektual dan kemampuan fisik.

Struktur Mata Pelajaran dalam Kurikulum Merdeka

Dalam Kurikulum Merdeka Fase F, untuk kelas XI dan kelas XII, struktur mata pelajaran dibagi menjadi 2 (dua) kelompok utama, yaitu:

  1. Kelompok mata pelajaran umum yaitu kelompok mata pelajaran yang wajib diikuti oleh semua peserta didik SMA/MA/bentuk lain yang sederajat.
  2. Kelompok mata pelajaran pilihan yaitu kelompok mata pelajaran yang disediakan berdasarkan peminatan yang dapat dipilih oleh peserta didik untuk dipelajari (satuan pendiidkan dapat menyedikan paling sedikit 7 (tujuh) mata pelajaran) yang disediakan dalam menu mata pelajaran atau cara lainnya.

#selamat memilih
#selamatbelajar
#salamdanbahagia

0 komentar:

Posting Komentar