Cari Blog Ini

Selasa, 20 Juni 2023

Pelatihan Fasilitator Untuk Mengidentifikasi Faktor Resiko & Pelindung Swipe Safe dan Pembelajaran Sosial Emosional

Hii Sobat Spills!!

Beberapa waktu lalu tim Spills Smandu telah meliput kegiatan Pelatihan Bagi Fasilitator Untuk Mengidentifikasi Faktor Resiko dan Faktor Untuk Mengidentifikasi Faktor Pelindung Swipe Safe dan Pembelajaran Sosial Emosional yang bertempat pada Hotel Sylvia Premier Kupang. Yang di selenggarakan oleh ChildFundIndonesia dan di hadiri oleh guru guru dari sekolah di Kupang salah satunya SMAN 2 KUPANG.
"Swipe Safe" merupakan program yang diselenggarakan oleh ChildFund yang bertujuan untuk Pencegahan Dan Penanganan Perundungan Siber, Dan Perlindungan Anak dari Kekerasan & Eksploitasi Seksual. Kegiatan yang diselenggarakan oleh ChildFundIndonesia ini berlangsung selama dua hari, yaitu 14 Juni 2023 - 15 Juni 2023.

Kegiatan ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya & berdoa, lalu dibuka dengan sambutan oleh Retno Indrawati selaku Koordinator Program Swipe Safe. Kemudian dilanjutkan dengan perkenalan dan Pre-Test
Ibu Reny Haning yang merupakan Alumni dari SMAN 2 Kupang dan selaku Child Protection dari Childfun Indonesia juga memberikan tanggapannya saat diwawancarai oleh Spills.Smandu pada 14/06/23.

"Pelatihan hari ini tujuannya untuk membekali teman teman pendidik atau peserta yang hadir mengenai bagaimana mengenali tanda tanda kekerasan terhadap anak, mengenali resiko/faktor resiko apa saja yang dapat meningkatkan daya tahan anak dan juga faktor perlindungan yang bisa mencegah anak dari bahaya kekerasan pada anak. Kemudian kami juga membekali para peserta dengan bagaimana cara mengelola, mengenali emosi pada diri sehingga itu bisa mengurangi kerentanan peserta hari ini untuk melakukan kekerasan.
Perlindungan anak itu adalah tanggung jawab kita semua, jadi dibutuhkan kita semua; baik anak itu sendiri, orang muda, guru, orang dewasa, pemerintah, agar sama-sama bergandengan tangan secara terkoordinasi, bergerak untuk melindungi anak dari kekerasan terhadap anak, khususnya kita berbicara hari ini di sekolah maupun di dunia online". Ujarnya.




Kegiatan ini dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Reni Haning & Kuryake Karismawan, MSI, PSI, PHD.
Para peserta Swipe Safe merupakan para guru-guru dari berbagai sekolah di Kupang. Mereka juga mengikuti kegiatan ini dengan suasana santai dan bersemangat dikarenakan adanya ice breaking yang menarik. Pada kegiatan ini para peserta juga diminta untuk berdiskusi mengenai Faktor Daya Tahan dan Faktor Perlindungan, dan juga mempresentasikan mengenai faktor daya tahan kemampuan untuk mengatasi dan beradaptasi terhadap kejadian yang berat, atau Masalah yang terjadi dalam kehidupan.

"Semoga materi yang di terima peserta hari ini dapat diterapkan di lapangan, seperti di lingkungan keluarga, sekolah, bahkan di masyarakat." Ujar Ibu Makda salah satu peserta pelatihan, saat diwawancari oleh Spills.smandu.



Kegiatan sosialisasi program "Swipe Safe" ini dilanjutkan pada hari ke-2 tepatnya pada Kamis, 16 Juni 2023 dengan adanya pengulangan materi hari ke-1 dan para peserta Swipe Safe juga diminta untuk berdiskusi tentang Kualitas Guru sebagai Pelindung.


"Ketika berada disini, sava merasa senang karena ternyata materi ini hanya sebatas didengar sebelumnya tetapi untuk mendengar secara jelas itu dari para pemateri hebat yang handal dari ChildFund melalui program "Swipe Safe" tentang pembelajaran sosial emosional untuk bagaimana seorang guru nanti bisa mengendalikan emosinya dalam mendidik, membimbing, mengasuh anak didik yang di sekolah, di rumah, ataupun di keluarga, dan masyarakat.

Harapannya yaitu apa yang didapat hari ini dan besok bisa diterapkan di sekolah dimana saya dipercayakan oleh sekolah untuk mengikuti kegiatan ini dan harusya bisa menerapkan di sekolah, yakni di SMAN 2 Kupang" Ujar Yesriel Dopong selaku peserta Swipe Safe sekaligus Guru SMAN 2 Kota Kupang.

Agenda kegiatan di hari kedua fokus pada pelatihan mengelola emosi, mendisiplinkan tanpa kekerasan, membangun hubungan positive dan menyelesaikan Konflik.

Kegiatan ditutup dengan sesi foto bersama.


























0 komentar:

Posting Komentar