Cari Blog Ini

Sabtu, 20 Mei 2023

Pelantikan Mabigus Gudep 003-004 SMAN 2 Kupang

Foto : Yuliyanti Boymau

Pramuka adalah sebuah organisasi yang merupakan wadah proses pendidikan kepramukaan yang dilaksanakan di Indonesia. Gerakan Pramuka memiliki kode Kode Kehormatan Pramuka, sebagaimana yang tertuang dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Pramuka, Gerakan Pramuka memiliki Kode Kehormatan yang terdiri atas janji yang disebut Satya dan Ketentuan Moral yang disebut Darma.

Kode Kehormatan Pramuka disesuaikan dengan golongan usia dan perkembangan rohani dan jasmaninya. Di tingkat SMA dikenal sebagai Pramuka Penegak dan Pandega, kode kehormatan yang perlu diterapkan adalah Trisatya dan Dasadarma.

17 Mei 2023 telah dilakukan acara pelantikan kachu dan pelatikan mabigus yang dilaksanakan di halaman upacara SMAN 2 Kupang oleh Kak Kwarcab Kota Kupang Kak Eli Wairata. Dalam sambutanya Kak Kwarcab menekankan bahwa Pramuka adalah proses pendidikan di lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan prinsip dasar kepramukaan dan Metode kepramukaan, yang sasaran akhirnya pembentukan watak, akhlak, dan budi pekerti luhur. Kepramukaan adalah sistem pendidikan kepanduan yang disesuaikan dengan keadaan, kepentingan, dan perkembangan masyarakat, dan bangsa Indonesia.

Lebih lanjut, kak Kwarcab mengatakan bahwa pelantikan Mabigus dan anggota dewasa perlu di cermati sebagai sebuah proses bukan merupakan kegiatan rutinitas. Kegiatan pelantikan ini merupakan awal dari tanggung jawab anggota dewasa Pramuka 003-004 untuk berbenah diri dalam mendidik peserta didik menjadi lebih baik.

Pada kegiatan tersebut juga dilakukan pengalungan tanda kecakapan secara simbolis kepada adek-adek penegak yang telah melalui proses pembelajaran kepramukaan. 






Pada akhir kegiatan, kemudian dilakukan sesi foto bersama dan ramah tamah.

#semangatuntukmeraihprestasigemilang

#majupramukasmandu


0 komentar:

Posting Komentar